Cara Gampang Bikin Bisnis Franchise

Membangun dan mengembangkan bisnis franchise tidak sesederhana membangun dan mengembangkan usaha biasa. Untuk menjadi kaya dengan cepat dari bisnis ini pun tidak sesederhana itu. Loh kok tidak sesuai dengan judulnya, cara gampang bikin bisnis franchise? Justru ini adalah ujian bagi Anda, pengusaha! Mau menjadi kaya dengan mudah, jadinya ya kaya dengan mudah, kalau mau dibuat kaya dengan sulit, jadinya ya kaya dengan sulit beneran. Karena nyatanya memang ada cara mudah membuat bisnis franchise agar Anda kaya dengan cepat.

Membangun dan mengembangkan bisnis franchise membutuhkan persiapan matang, mulai dari pemilihan jenis usaha sampai pembuatan sistem manajemennya. Ada beberapa langkah dalam memulai bisnis franchise agar bisnis franchise Anda cepat berkembang dan agar Anda menjadi lebih cepat meraup keuntungan sebesar-besarnya. Bacalah daftar di bawah ini jika Anda ingin cepat menjadi pengusaha sukses yang kaya raya:

  1. Buat ciri khas

Bisnis franchise harus memenuhi syarat utama franchise yaitu memiliki ciri khas usaha. Coba lihat KFC, McDonald’s, Pizza Hut, bahkan SPBU Pertamina, semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Memang tidak mudah mencari ciri khas sendiri terlebih di tengah persaingan bisnis yang semakin tinggi, namun lihatlah hasil yang menunggu Anda ke depannya, bayangkan tumpukan uang yang akan berada dalam rumah Anda atau berapa banyak angka 0 yang akan menghiasi buku tabungan Anda.

  1. Buat standar operasi baku

Pernah coba makan di KFC atau McDonald’s? Karyawannya terlihat sangat profesional bukan? Seolah-olah mereka menguasai semua bidang kerjanya dan sangat menikmati pekerjaan sehingga terlihat ikhlas melayani pelanggan, dan membuat pelanggan berdecak kagum karena puas akan pelayannya. Itulah hasil dari standar operasi yang diberlakukan oleh perusahaan. Perusahaan memberlakukan standar operasi yang sudah dibakukan, sehingga di manapun ada gerai KFC atau McDonald’s pasti produk dan pelayanannya sama. Jika Anda ingin franchise Anda dipercaya pelanggan maka Anda harus menyusun standar operasi baku dengan baik, karena standar operasi baku yang baik akan merefleksikan dirinya pada karyawan dan hasil kerja karyawan Anda yang tentunya, ke semuanya, membuat pundi-pundi kekayaan Anda meningkat.

  1. Daftarkan HAKI-nya (Hak Atas Kekayaan Intelektual)

Franchise tidak sekedar berjualan produk. Franchise menjual HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) Anda. Itulah salah satu keunggulan bisnis franchise sehingga tidak akan ditiru dengan mudah oleh pelaku bisnis lain. HAKI melindungi pemilik produk atau bisnis asli agar tetap dapat melakukan produksi dan bisnisnya secara eksklusif. Jika bisnis Anda dilindungi oleh HAKI maka bisnis Anda akan menjadi lebih eksklusif dan memiliki ‘pembeda’ dari bisnis lain, itu berarti pendapatan Anda juga akan meningkat, Anda akan menjadi lebih kaya dan pendapatan Anda akan bertambah secara lebih cepar dari sebelumnya.

  1. Buat cara duplikasi yang mudah dan kreatif

Maksudnya, bisnis franchise Anda mudah diajarkan atau diaplikasikan atau dilaksanakan sehingga franchisee yang belum berpengalaman atau kurang pengetahuan mengenai usaha sejenis dapat melaksanakannya dengan baik sesuai dengan bimbingan operasional dan manajemen yang berkesinambungan yang diberikan oleh franchisor. Bukankah Anda senang jika menjadi kaya dengan cepat? Tapi, bukankah Anda akan merasa lebih senang saat Anda berhasil membuat orang lain menjadi kaya secepat Anda? Karena itu Anda harus menjadi franchisor yang baik dan mengajarkan pada franchisee, jadi kekayaan yang datang pada Anda berbanding lurus dengan kekayaan yang didapat oleh franchisee bisnis franchise Anda.

  1. Buat keuntungan yang bertumbuh

Proses ini adalah salah satu yang tidak bisa dipersingkat. Ini juga syarat mutlak karena sudah tercantum dalam undang-undang. Maksudnya baik, yakni melindungi Anda selaku fnachisor supaya tidak gagap menghadapi pertumbuhan bisnis yang luar biasa pasca launching franchise dan melindungi para franchisee supaya tidak mengalami kerugian yang tidak perlu di kemudian hari. Karena percaya atau tidak, keuntungan yang didapat franchisee akan berpengaruh pada kekayaan Anda juga. Franchisee yang tidak sukses atau bahkan gagal akan membuat bisnis franchise Anda mengalami kemunduran yang mengakibatkan kerugian pada Investasi jangka pendek Anda yang telah Anda lakukan.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui syarat syarat khusus supaya Anda dapat membangun dan mengembangkan bisnis franchise sekaligus membangun dan mengembangkan kekayaan Anda secara cepat dengan mudah. Persyaratan tersebut tidak bisa dilalaikan karena persyaratan-persyaratan yang sudah diuraikan tadi adalah jiwa dari sebuah bisnis franchise. Selebihnya sama seperti saat Anda membangun bisnis biasa. Siapkah Anda membangun dan memgembangkan bisnis franchise sekaligus membangun dan mengembangkan kekayaan Anda? Jawabannya, pasti siap!

Article by Mark Perez

It seems like this author has no description. Add your discription/bio at user profile or disable this widget in theme customizer if you dont want to use it.